PENGEMBANGAN MASYARAKAT

  • 17 Oktober 2021
  • 11:13 WITA
  • Administrator
  • Berita

Pada tanggal 17 Oktober 2021 Prodi Hubungan Internasional Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Alauddin Makassar melakukan kegiatan pengabdian masyarakat bersama BMT Insan Mandiri di Yayasan Khalifah Cendikia Mandiri, Moncongloe. Kegiatan ini dimulai pukul 09.00 pagi dan berakhir pada pukul 12.00 siang. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dalam bentuk pelatihan kepada masyarakat di sekitar wilayah Moncongloe. Adapun, kegiatan pelatihan tersebut mengangkat tema "Cerdas Bermedsos dan Produktif". Pada sesi pembukaan diisi dengan sambutan dari bapak Ibnu Jamil Ketua BMT Insan Mandiri. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pengembangan keilmuan yg diseleraskan dengan perkembangan teknologi di era Digital ini. Sambutan tersebut kemudian dilanjutkan dengan sambutan dan sekaligus pembukaan kegiatan ini oleh Ketua Prodi Hubungan Internasional UIN Alauddin Makassar Ibu Nur Aliyah Zainal, S.IP.,M.A. Dalam sambutan dan pembukaannya, beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi pada masyarakat yg lebih luas untuk beradaptasi dengan kemajuan teknologi khusunya pada proses belajar mengajar di tengah Pandemi COVID 19. 


Setelah sesi pembukaan, kegiatan ini dilanjutkan dengan seminar yang dimpimpin oleh moderator Ibu Riska Luneto, S.IP.,M.A. Seminar ini dibagi ke dalam dua sesi. Pada sesi pertama, Ibu Farahdiba Rahma Bachtiar, P.hD. yang merupakan Sekertaris Jurusan Prodi HI menjadi fasilitator dengan memberikan penjelasan bertema Literasi Digital. Dalam penjelasannya, beliau menyampaikan bahwa "dalam bermedia sosial, kalian akan mendapatkan hal yg positif ketika kalian menggunaknnya dengan positif, dan begitupun sebaliknya". Pada sesi pertama ini, dihadiri oleh kurang lebih 20 peserta yang berasal dari remaja SMP dan SMA di sekitar wilayah Moncongloe. Kemudian pada sesi kedua, Bapak Kaslam, M.Si. yang merupakan Dosen Prodi HI UIN Alauddin Makassar menjadi fasilitator dengan memberikan penjelasan bertema Digital Marketing. Beliau menyampaikan "Pelatihan Digital Marketing bagi ibu - ibu rumah tangga ini, bertujuan agar mereka bisa memanfaatkan sosial media untuk memasarkan produk jualannya secara efektif" . Pada sesi kedua ini, dihadiri oleh kurang lebih 20 peserta yang berasal dari kalangan ibu-ibu rumah tangga  di sekitar wilayah Moncongloe. 


Kemudian, kegiatan ini ditutup dengan pengisian kusioner oleh para peserta untuk mengukur tingkat keberhasilan kegiatan pengabdian masyarakat yg diselenggarakan oleh Prodi HI UIN Alauddin Makassar.



Berita Terkait