Pagi Inspiratif bersama Sekretaris Duta Besar Republik Indonesia untuk Kazakhstan merangkap Tajikistan pada Kuliah Umum Prodi Hubungan Internasional UIN Alauddin Makassar

  • 08 Mei 2023
  • 12:40 WITA
  • Administrator
  • Berita



Pagi yang cerah di hari rabu beriringan dengan semangat motivasi dari Sekretaris Duta Besar Republik Indonesia untuk Kazakhstan dan Tajikistan, Andi Zulkarnain, SE., M.Si., dalam kegiatan Kuliah Tamu yang dilaksanakan oleh Prodi Hubungan Internasional, UIN Alauddin Makassar, pada Kamis 4 Mei 2022 di Lecture Theatre (LT) Fakultas Ushuluddin dan Filsafat. Kazakhstan dan Tajikistan merupakan negara besar di wilayah Asia Tengah yang berbatasan langsung dengan Rusia di sebelah utara dan Tiongkok di sebelah Timur. Khusus untuk Kazakhstan, sebagai negara dengan jumlah penduduk mayoritas muslim, sekitar 70% masyarakatnya beragama Islam, Andi Zulkarnain menggambarkan gaya hidup sosial masyarakat Kazakhstan yang sangat toleran dan menghargai ruang privat masing-masing individu dalam keyakinan beragamanya. Cerita ini menjadi pemantik semangat para mahasiswa Hubungan Internasional UIN Alauddin Makassar terhadap Kazakhstan. Selanjutnya, semangat itu pun kian membara ketika Sekretaris Dubes KBRI Astana ini menyampaikan daftar beasiswa yang dapat dimanfaatkan bagi adik-adik mahasiswa yang ingin melanjutkan studinya di Kazakhstan, “di Kazakhstan ada beberapa kampus berkualitas yang menawarkan beasiswa, salah satunya adalah Al-Faraby Kazakh National University, yang menempati peringkat #150 QS World Ranking.”

Sebagai pelaksana hubungan internasional Republik Indonesia di Kazakhstan merangkap Tajikistan, sekretariat kedubes RI memiliki data yang akurat terkait progres kinerja nya. Mulai dari bertambahnya pelajar Indonesia yang menempuh pendidikan di Kazakhstan, hingga peluang ekonomi perdagangan dan pariwisata yang informatif. “Nilai perdagangan Indonesia dan Kazakhstan yang meningkat signifikan, yakni dari USD 215 juta pada tahun 2021 menjadi USD 600 juta pada tahun 2022, menjadi bukti semakin kuatnya hubungan positif antara negara kita Indonesia dengan Kazakhstan,” lanjut Zulkarnain. Terlebih lagi, mengingat Kazakhstan sebagai negara dengan ekonomi terbesar di Asia Tengah, dan kedua terbesar setelah Rusia pada Commonwealth Independent States (CIS).
Pemaparan komprehensif Andi Zulkarnain mengenai Diplomasi Indonesia di Kazakhstan dan Tajikistan, mulai dalam sektor perdagangan, pariwisata, perlindungan WNI, hingga daftar kerjasama pendidikan, memantik semangat ratusan mahasiswa Hubungan Internasional UIN Alauddin Makassar. Mantan ketua senat Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin ini mengingatkan kawan-kawan mahasiswa untuk memilih topik penelitian terbaik dan berdampak ke depan nya untuk memperkuat jejaring dan mendukung peluang kerja mereka tentunya.



Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Duta Besar RI untuk Kazakhstan merangkap Tajikistan ini mengajak seluruh sivitas akademika Prodi Hubungan Internasional untuk berkunjung dan membuka pintu kerjasama juga kolaborasi di Kazakhstan, mengingat Indonesia sedang menjajaki peluang sister city antara Astana dan IKN, mengingat keberhasilan Kazakhstan memindahkan dan membangun ibu kota barunya berpuluh-puluh tahun lalu. “Kabari kami yang siap mendampingi saat di Kazakhstan, sebagaimana jargon dan visi utama kami di Keduber RI di Astana, yaitu Melayani, Melayani, Melayani,” pesan Andi Zulkarnain sekaligus menutup pemaparan inspiratif nya pada Kuliah Umum bersama seluruh sivitas akademika Prodi HI UIN Alauddin Makassar.