Seminar Ilmiah: Menyatukan gagasan memperkuat solidaritas: Memperingati 70 tahun Konferensi Asia - Afrika

  • 05 Juli 2024
  • 10:28 WITA
  • Administrator
  • Berita

Makassar, 5 Juli 2024- Program studi Hubungan Internasional mengadakan Seminar Ilmiah yang mengangkat Tema Menyatukan gagasan memperkuat solidaritas: Memperingati 70 tahun Konferensi Asia - Afrika dengan pembicara Asra Virgianita, P.hD. yang merupakan Ketua Departement Hubungan Internasional Universitas Indonesia.


Dalam acara ini dipandu oleh dosen hubungan Internasional yaitu Aspin Nur Arifin Rivai, M.A. yang merupakan dosen program Studi Hubungan Internasional UIN Alauddin Makassar.


Acara ini dilaksanakan di LT. Prof Ali Yafie Fakultas Ushuluddin dan Filsafat dan Dihadiri serta dibuka oleh Wakil Dekan 2 Fakultas Ushuluddin dan Filsafat atas kuasa Dekan Fakultas Ushuluddin dan Filsafat


Substansi materi dalam Seminar Ilmiah ini adalah bagaimana kolaborasi antara negara dekolonisasi dan gerakannya pada Kerjasama Selatan - Selatan serta Kerjasama dan donor terhadap negara Selatan - Selatan ini apakah masih pada ruhnya yaitu solidaritas atau hanya terkait oleh kepentingan nasional.


Pada akhir sesi, kontribusi mahasiswa pun sangat terlihat dengan bukti mereka mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang menyangkut dengan materi tersebut dan aktif menyimak substansi dari materi tersebut.


Dengan keberadaan kuliah tamu ini dapat menjadi penambah pengetahuan Hubungan internasional tentang kerjasama Negara Selatan - Selatan serta kerjasama serta bagaimana solidaritas yang dibangun negara negara dekolonial sejak Konferensi Asia- Afrika 70 Tahun yang lalu.