Project Based Learning kelas Politik Lingkungan dalam Festival Kampanye Lingkungan Multilingual "GARASI (GelAR KaryA edukaSI) Mahasiswa"

  • 10 Januari 2023
  • 03:32 WITA
  • Administrator
  • Berita

Foto 1 Kegiatan GARASI MAHASISWA

Garasi (Gelar Karya Edukasi) Mahasiswa merupakan kegiatan festival dan kampanye lingkungan yang dikelola oleh Prodi Hubungan Internasional UIN Alauddin Makassar dan berkolaborasi dengan berbagai komunitas, antara lain Baraka Institute, BASAsulsel, RumaTa’ Art Space dan Cara Baca. Kegiatan ini dilaksanakan di RumaTa’ Art Space Jalan Bonto Nompo No. 12 Makassar pada 7 Januari 2023 pukul 09.00 hingga 17.30 WITA.

Pada dasarnya, festival kampanye lingkungan ini merupakan realisasi dari model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) yang dilakukan dalam kelas Politik Lingkungan dengan Dosen Pengampu Nur Utaminingsih, S.IP., M.Si. Mahasiswa peserta kelas Politik Lingkungan mendapatkan tugas akhir dalam meneliti berbagai topik terkait lingkungan dan pembangunan berkelanjutan, dan kemudian mentranslasi hasil penelitian mereka dalam media populer berupa infografis agar lebih menarik dan mudah dimengerti oleh masyarakat umum. Selanjutnya, poster dan infografis yang dihasilkan akan disumbangkan ke beberapa SMA/SMK/MA di Kota Makassar dan Kabupaten Gowa dan dipajang di perpustakaan sekolah tersebut. Model pembelajaran ini dilakukan guna mencapai tujuan pembelajaran kelas agar mahasiswa dapat menjelaskan dengan kritis wacana global terkait lingkungan dan dapat bermanfaat bagi masyarakat. Secara tidak langsung, kegiatan GARASI MAHASISWA mengimplementasikan tridharma perguruan tinggi, yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang terintegrasi satu sama lain.


Foto 2 Presentase karya edukasi mahasiswa, Lapakan buku dari Baraka Institute, Screening Film KINIPAN

Mahasiswa menggelar karya edukasi nya (karya infografisnya) sepanjang hari kegiatan Garasi Mahasiswa. Selain itu, terdapat beberapa item acara sepanjang hari kegiatan, antara lain festival seni, pameran virtual infografis, kampanye lingkungan multilingual, lapakan buku, dan screening film KINIPAN. Komunitas BASAsulsel menjadi rekan kerjasama dalam mempublikasikan hasil karya edukasi mahasiswa berupa infografis dan poster kampanye di website www.basasulselwiki.org. Khusus untuk poster edukasi mahasiswa, mahasiswa membuat konten kampanye dengan menggunakan tiga bahasa, antara lain Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan Bahasa Lokal. Pada acara bedah film, film KINIPAN menjadi pilihan dokumenter yang discreening karena bercerita tentang perjuangan masyarakat, khususnya masyarakat adat dalam mempertahankan hutan dan alamnya dari eksploitasi berbagai pihak yang berkuasa. Kegiatan Screening Film ini dibawakan oleh tiga narasumber, antara lain Imamul Haq, MA., Dosen Sosiologi Agama UIN Alauddin Makassar, Nur Utaminingsih, S.IP., M.Si., Dosen Hubungan Internasional UIN Alauddin Makassar, dan Ayu Kartika JT., MA., Dosen Hubungan Internasional Universitas Bosowa. Sepanjang hari kegiatan juga tersedia lapakan buku dari Baraka Institute dan Cara Baca yang dapat menemani teman-teman sepanjang hari saat menghadiri kegiatan.

Foto 3 Gelar Karya Edukasi Mahasiswa Hubungan Internasional UIN Alauddin Makassar

Foto 4 Penghargaan Poster dan Infografis dengan kategori Konten Terbaik, Desain Terbaik, dan Konten Popular dari Tim BASAsulses

Infografis dan poster hasil karya mahasiswa juga dikompetisikan dalam 3 kategori juara, yaitu Poster dan Infografis dengan Konten Terbaik, Poster dan Infografis Karya Terpopuler, serta Poster dan Infografis dengan Desan Terbaik. Penghargaan kompetisi mahasiswa ini ditentukan dengan 3 jalur penilaian, yaitu jumlah like dari story instagram BASAsulsel (@basasulsel), dari jumlah vote pengunjung saat hari H melalui link gform www.bit.ly/postergarasimahasiswa, dan penilaian kualitas konten langsung dari dosen pendamping. Sertifikat penghargaan langsung diberikan oleh Aqram Syauqi perwakilan dari Tim BASAsulsel.