HIMAHI Gelar LDKM Angkatan Ke-III: Penerus Tongkat Estafet Kepemimpinan.

  • 24 Juni 2021
  • 09:15 WITA
  • Administrator
  • Berita

Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional (HIMAHI) telah menyelenggarakan salah satu program kerja dari divisi Kaderisasi yaitu Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (LDKM) dengan megusung tema The First Step of Leaders, yang dilaksanakan pada tanggal 25 hingga 28 Februari 2021. Kegiatan ini berlangsung selama 4 hari yang terlaksana secara online via Zoom Cloud Meeting pada hari pertama dan secara offline pada hari kedua hingga empat di Malino Kabupaten Gowa.

Ketua Panitia, Jumrah mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan yang merupakan kali ketiga bagi Jurusan Hubungan Internasional UIN Alauddin Makassar tersebut ialah agar terealisasikan sifat pemimpin dan tanggung jawab sebagai mahasiswa dalam kepengurusan organisasi.

"Bagaimanapun juga angkatan 20 nantinya yang akan meneruskan tongkat estafet kepengurusan HIMAHI dan Insha Allah membawa HIMAHI menjadi lebih baik dari kepengurusan sebelumnya. Untuk itu, kegiatan LDKM bertujuan memberikan pengetahuan dasar tentang kepemimpinan dan pengetahuan dasar mengenai organisasi", tuturnya.

Seluruh panitia sangat antusias melakukan LDKM secara offline ditengah pandemi dengan mematuhi protokol kesehatan agar bisa saling mengenal dan momentum ini tidak hanya menambah wawasan namun jua dipercaya dapat membangun rasa kekeluargaan.

"Secara khusus, fokus kami dalam LDKM ke-III adalah berusaha mempertemukan angkatan 20 sekaligus menjadikan kegiatan ini sebagai momen bagi mereka untuk saling mngenal dan berbaur satu sama lain, karena selama pandemi perkuliahan dilakukan secara online yang membuat terbatasnya hal interaksi", lanjutnya.

Walaupun hanya dilaksanakan sekali setahun, yakni saat penerimaan mahasiswa baru dan tidak bersifat wajib. LDKM merupakan tonggak awal dalam berkegiatan di Jurusan karena setelah kegiatan tersebut peserta LDKM diwajibkan untuk mengikuti kegiatan lanjutan yaitu HI Camp dan Inagurasi sebagai syarat untuk menjadi anggota KEMA HI.

Adapun materi dalam LDKM yang dibawakan guna menambah wawasan dasar kepemimpinan diantaranya yaitu Administrasi dan Manajemen Waktu, Kepemimpinan, Persidangan, Organisasi, Kesekretariatan, dan Sejarah HI guna memberikan pondasi awal kepada seluruh mahasiswa yang mengikuti kegiatan.

Setiap materi diselingi dengan Focus Group Discussion guna memperoleh interaksi satu sama lain untuk meningkatkan kedalaman informasi terkait materi pembahasan yang dibawakan dan juga memberikan Games Session.

Pada malam ketiga pelaksanaan LDKM diisi dengan Malam Keakraban dimana setiap kelompok peserta yang telah dibagi, akan menampilkan minat maupun bakat mereka dan turut diikuti oleh para panitia kegiatan yang dicanangkan mampu mempererat tali silaturahmi antar junior dan senior dan dilanjutkan dengan Outbound dipagi hari sebelum berakhirnya kegiatan.

Mahasiswi HI angkatan 18 itu turut menuturkan harapan untuk mahasiswa yang ikut serta dalam kegiatan LDKM agar kiranya dapat terealisasikan sifat kepemimpinan pada diri masing-masing individu.

"Besar harapan kami nantinya agar mereka bisa untuk merealisasikan dalam diri mereka sendiri, dalam hal ini yaitu menjadi pemimpin pada setiap individu seperti bagaimana nantinya mereka bisa bertanggung jawab akan tugas mereka sebagai mahasiswa, dan mampu merealisasikannya dalam kepengurusan organisasi. Selain itu saya berharap nantinya mereka semua mampu menjadi penerus kepengurusan HIMAHI dan membawa HIMAHI lebih berkembang lagi dengan terobosan-terobosan terbaru yang mereka punya", harapnya.