PRODI HI UINAM GELAR WEBINAR, PBAK 2021

  • 01 September 2021
  • 09:43 WITA
  • Administrator
  • Berita

Program Studi Hubungan Internasional UIN Alauddin Makassar, melaksanakan Webinar yang membahas, Moderasi bergama melalui Aplikasi Via Zoom, pada Jumat, (27/08/2021)

Kegiatan yang bertajuk Moderasi Beragama dan Pengalaman Diplomat ini merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan Pengenalan Budaya Akademik Kemahasiswaan (PBAK) Program Studi (Prodi) Hubungan Internasional (HI) Fakultas Ushuluddin dan Filsafat (FUF) UIN Alauddin Makassar.

PBAK tingkat Prodi ini secara khusus menghadirkan Mantan Atdikbud RI di Thailand,Prof. Dr. H. Mustari Mustafa, M.Pd untuk menjadi pembicara dalam Webinar ini.

Guru Besar Ilmu Filsafat UIN Alauddin Makassar tersebut memaparkan mengenai Ketegangan arus moderasi dan arus keras saat ini adalah sebuah manifestasi perseteruan al nafs muthmainnah dengan hawa nafsu.

“Ketegangan arus moderasi dan arus keras adalah manifestasi perseteruan al nafs muthmainnah dengan hawa nafsu. Pengetahuan terbatas membuat hawa nafsu tidak mampu membedakan antara washilah atau jalan dengan ghayah atau tujuan dalam memahami Islam yang mencerminkan hilangnya daya nalar rasional dalam beragama.”

Selain itu, dia menambahkan, saat ini bahwasaannya banyak Teori-teori yang menjelaskan kegagalan dalam bermoderasi.

“Teori lain yang banyak dikuti dalam menjelaskan kegagalan bermoderasi ialah kegagalan umat Islam atau umat beragama menghadapi arus modernisasi yang dinilai telah sangat menyudutkan Islam, sehingga dicarilah agama untuk menghibur diri lalu membenturkannya dengan kelompok yang tidak setuju.”

Sejalan dengan Hal itu Webinar yang dimoderatori Oleh salah satu Dosen Prodi HI, Miftah Farid, S.IP., M.A sukses meningkatkan keaktifan Mahasiswa Baru dalam mengikuti PBAK  2021.